Super Tank Landkreuzer P. 1000 Ratte
Kendaraan lapis baja atau tank sangat vital perannya dalam peperangan, sejak masa Perang Dunia II negara-negara berlomba untuk membuat tank yang paling mematikan. Berikut ini daftar 10 tank paling besar dan berat dalam sejarah.
Desain kendaraan lapis baja atau tank mencapai masa keemasan pada saat Perang Dunia II dimana banyak negara berlomba-lomba untuk membuat tank yang lebih mengerikan dan mematikan daripada yang lain. Dari sisi ukuran mereka berlomba-lomba untuk membuat tank berukuran raksasa yang dapat mengintimidasi musuh hanya dengan penampakannya saja. Juara di antara mereka adalah para insinyur Nazi di mana mereka berhasil merancang banyak jenis tank berukuran raksasa yang pelurunya saja dapat berbobot 7 ton. Berikut ini adalah daftar tank-tank paling besar dan berat dalam sejarah, berikut sedikit profilnya.
  1. Landkreuzer P. 1500 Monster
    Landkreuzer P. 1500 Monster
    Pada tahun 1942 Adolf Hitler menyetujui proposal pembuatan tank super besar yang direncanakan berukuran 15 kali ukuran tank biasa, namun pada 1943 proyek ini dibatalkan. Namun sebenarnya para insinyur Nazi telah berhasil membuat rancangannya dan tinggal tahap pembuatan sebelum pembatalan tersebut berlaku efektif. Tank yang dinamai Landkreuzer P. 1500 Monster ini dipersenjatai dengan meriam Krupp (Krupp canon) berkaliber 800 milimeter, sebagai perbandingan tank konvensional biasanya hanya dilengkapi dengan meriam M1 Abrams kaliber 105 milimeter.
    Meriam Krupp 800 mm adalah senjata artileri terbesar yang pernah dibuat, memiliki bobot seberat 7 ton dan dapat ditembakkan hingga sejauh 37 kilometer. Tank Landkreuzer P. 1500 Monster ini memiliki panjang sekitar 42 meter, berbobot 1,500 ton dan dioperasikan oleh 100 orang kru.
  2. Landkreuzer P. 1000 Ratte
    Landkreuzer P. 1000 Ratte
    Sama seperti Landkreuzer P. 1500 Monster tank yang disetujui pembuatannya pada tahun 1942 ini juga akhirnya dibatalkan setahun kemudian. Tank Landkreuzer P. 1000 Ratte merupakan tank berdesain meriam ganda yang masing-masing meriamnya berkaliber 280 mm. Selain itu meriam ini juga dilengkapi dengan sebuah meriam tambahan berkaliber 128 mm, 8 senjata anti pesawat tempur berkaliber 20 mm dan beberapa senjata mesin berkaliber 15 mm. Dapat dibayangkan kerusakan macam apa yang dapat dibuat tank ini. Tank ini berdimensi panjang 35 meter, berbobot 1,000 ton dan dioperasikan oleh 20 kru.
  3. Panzer VIII Maus
    Panzer VIII Maus
    Panzer VIII Maus adalah kendaraan lapis baja paling besar yang pernah dibuat, berukuran 3 kali lebih besar dari tank konvensional. Tank yang juga buatan Nazi Jerman ini diproduksi pada tahun 1942 dan hingga perang berakhir hanya dibuat sebanyak 2 buah. Panzer VIII Maus dipersenjatai dengan satu meriam utama berkaliber 128 mm dan satu meriam tambahan berkaliber 75 mm. Tank yang dioperasikan oleh paling tidak 6 orang ini berdimensi panjang 10 meter dan berbobot 188 ton.
  4. E-100 Tiger-Maus
    E-100 Tiger-Maus
    Tank E-100 Tiger-Maus yang didesain tahun 1943 ini direncanakan memiliki spesifikasi senjata seperti yang dimiliki Panzer VIII Maus, hanya saja dibuat lebih ringan untuk dapat bergerak lebih lincah. Hingga perang usai tank jenis ini belum sempat diproduksi, sempat ada satu unit yang dibuat pada tahun 1944 namun tidak lengkap yaitu belum memiliki kubah untuk tempat meriam. Panjang tank ini adalah sebesar 10 meter dan berbobot 140 ton, dioperasikan oleh 5 orang kru.
  5. FCM F1
    FCM F1
    Tank buatan Prancis ini merupakan tank terbesar di luar tank-tank buatan Nazi Jerman, yang didesain sekitar tahun 1940. Namun sayangnya sebelum tank ini sempat diproduksi Prancis telah kalah perang terlebih dahulu. FCM F1 direncanakan untuk dipersenjatai dengan sebuah meriam kaliber 90 mm, sebuah meriam kaliber 45 mm dan 6 senjata mesin. Panjang tank ini kurang lebih sekitar 11 meter, dan memiliki lebar yang cukup ramping yaitu sekitar 3 meter sehingga dapat diangkut menggunakan kereta. Sedangkan bobot tank ini diperkirakan sekitar 139 ton dan dioperasikan oleh 9 orang kru.
  6. O-I
    O-I
    Tank berikutnya adalah tank buatan Jepang yang diberi nama O-I. Rumor mengatakan bahwa tank ini pernah menampakkan diri saat Jepang berperang melawan China di Perang Manchuria pada masa Perang Dunia II. Tank bertahun 1944 ini memiliki panjang 10 meter dan berbobot 130 ton. Dioperasikan oleh 11 orang kru.
  7. K-Wagen
    K-Wagen
    Satu lagi tank buatan Jerman, K-Wagen adalah salah satu usaha pertama Jerman dalam pembuatan tank super besar dan berat. Diproduksi pada tahun 1917 tank ini sempat menampakkan diri di akhir-akhir Perang Dunia I. Tank sepanjang 13 meter dan berbobot 130 ton ini dilengkapi dengan 4 senjata tersembunyi kaliber 77 mm di kedua sisinya dan 7 senjata mesin. Dioperasikan oleh 27 orang kru.
  8. T-28 (Gun Motor Carriage T95)
    T-28 (Gun Motor Carriage T95)
    Satu-satunya tank buatan Amerika Serikat yang masuk daftar tank terbesar dan terberat, T-28 (Gun Motor Carriage T95) lebih merupakan tank penghancur tank (tank destroyer) karena sebenarnya tank ini adalah semata-mata sebuah senjata perang berjalan. Tank ini dibuat pada tahun 1945, dengan rencana untuk menembus pertahanan Jerman dan juga untuk membantu dalam melakukan invasi ke tanah Jepang pada Perang Pasifik.
    Dilengkapi dengan sebuah meriam kaliber 105 mm dan sebuah senjata mesin, tank ini memiliki dimensi panjang sebesar 11 meter, berbobot 95 ton dan dioperasikan oleh 8 orang.
  9. TOG2
    TOG2
    Berikutnya adalah tank buatan Inggris bernama TOG2 yang prototipenya dibuat pada tahun 1941. TOG2 dipersenjatai dengan meriam utama berkaliber 76 mm. Memiliki panjang 10 meter, berbobot 80 ton dan harus dioperasikan oleh paling tidak 8 orang kru.
  10. A39 Tortoise
    A39 Tortoise
    Kembali tank buatan Inggris bertahun 1944, A39 Tortoise, dilengkapi dengan meriam kaliber 96 mm dan 3 senjata mesin. Memiliki panjan 10 meter, berbobot 78 ton dan dioperasikan oleh 7 orang kru.
Demikianlah daftar tank-tank paling besar dan berat dalam sejarah. Sembilan diantaranya dibuat dan diproduksi pada masa Perang Dunia II, sedangkan satu sisanya pada masa Perang Dunia I. Hal ini menunjukkan bahwa era kejayaan kendaraan lapis baja memang mencapai puncaknya pada masa Perang Dunia II dimana perannya sangat vital karena kebanyakan perang di Eropa memang dilakukan di darat, berbeda dengan pertempuran-pertempuran saat Perang Pasifik dengan tokoh utama Amerika Serikat dan Jepang yang banyak dilakukan di laut, kapal induk lebih berperan di sini.
Seberapa besar tank-tank ini?
Gambar berikut ini dapat mengilustrasikan seberapa besar tank-tank di atas.
Ilustrasi Perbandingan Ukuran Super Tank
Mengapa tank super besar dan berat seperti ini sudah tidak diproduksi?
Pada masa Perang Dunia II, salah satu senjata yang paling ditakuti adalah pelontar api (flamethrower). Tank-tank super besar seperti ini didesain untuk kebal terhadap serangan api, dan juga kebal terhadap senjata-senjata mesin biasa. Dengan dapat bergerak leluasa di medan pertempuran tanpa takut akan senjata lawan merupakan keuntungan yang sangat menentukan.
Namun pelontar api masa kini tentunya telah jauh berbeda daripada pelontar api pada masa Perang Dunia II. Di masa modern tank-tank ini juga merupakan mangsa yang empuk bagi serangan pesawat-pesawat pembom, karena tank ini tidak dapat bergerak cepat dan lincah. Oleh karena itu pada masa ini sangat jarang negara yang memroduksi tank seperti ini, tank-tank yang lebih kecil dalam jumlah yang lebih banyak dinilai akan lebih bermanfaat dalam pertempuran.