Evaluasi ini diusulkan oleh Nielsen dan Molich. Heuristik adalah guideline, prinsip umum dan peraturan, pengalaman yang bisa membantu suatu keputusan atau kritik atas suatu keputusan yang telah diambil, beberapa penilaian bebas terhadap suatu design supaya kritik bisa memajukan potensi daya guna.

Ada sepuluh dasar dari heuristik, seperti :
  1. Visibility of system status (Komunikatif)
·         Status sistem yang terlihat
·         User selalu tahu tentang kondisi atau proses yang berjalan.
  1. Match between system and the real world (Lho sama gua sama)
·         Komunikasi terjalin antara sistem dan user karena menggunakan symbol-simbol komunikasi yang dapat dipahami oleh user.
  1. User control and freedom (Ini punya gue)          :
·         Sistem memberikan keleluasaan kepada user untuk mencoba fasilitas atau fitur yang ada dan dilengkapi dengan error handling, misalnya undo dan redo.
  1. Konsisten dan Standar (Kami bukan mencla-mencle)
·    Sistem mempunyai konvensi tertentu, yang seluruh user mengetahuinya, sehingga meminimalisir membuat user bingung dalam menjalankan sistem.
  1. Error Prevention (Pencegahan Kesalahan)                              
·         Pencegahan eror pada sistem dengan menggunakan pesan-pesan yang dekat di hati user.
·   Pesan ditampilkan sedini mungkin dan sistem harus memvalidasi keinginan user dengan menggunakan pertanyaan-pertanyaan.
  1. Recognition rather than recall
·         Lebih baik tahu karena faham daripada tahu karena menghafal.
·         Meminimalisir memori user untuk melakukan sesuatu terhadap system.
  1. Flexibility and efficiency of use
·         Memberikan fasilitas untuk mempercepat proses
·         Memberikan user pilihan-pilihan langkah untuk melakukan proses
  1. Aesthetic and minimalist design (Desain yang minimalis dan berestetika)
·         Desain yang minimalis dan menggunakan komunikasi efektif.
  1. Help users recognize, diagnose and recover from errors
·         Membantu user mengetahui, mendiagnosa dan memperbaiki kesalahan pada system.
  1. Help and Documentation
                 ·         Tersedia bantuan dan dokumentasi.

Tujuan dari evaluasi heuristik adalah untuk memperbaiki perancangan secara efektif.

Usability testing
Jika Anda melangkah ke tes kegunaan pada hari-hari awal dari disiplin, maka akan terlihat sangat mirip dengan percobaan formal di laboratorium psikologi. subyek diminta untuk melakukan tes dan data dianalisis dengan menggunakan metode statistik.. Semua yang hilang adalah jas lab putih. Tidak mengherankan, tes yang mahal untuk melakukan dan rumit untuk menjalankan, mengarah ke pengembangan dari disiplin pecahan: kegunaan diskon.
Discount usability, Diskon kegunaan
Kegunaan Diskon memperkenalkan tiga teknik utama yang bertujuan untuk menyederhanakan metode pengumpulan data:
  • Thinking-aloud usability tests; Berpikir-keras kegunaan tes;
  • Low-fidelity prototypes; Low-fidelity prototipe;
  • Heuristic evaluation. Heuristik evaluasi.
Teknik ini bekerja dengan baik sebagai bagian dari siklus desain iteratif dimana masalah kegunaan yang ditemukan dan tetap dan kemudian berikutnya “sekali pakai” prototipe lagi cepat diuji dengan sejumlah kecil peserta .Pendekatan ini benar-benar merevolusi lapangan. Sekarang akan sulit untuk menemukan seorang praktisi kegunaan yang tidak menggunakan sebagian besar teknik ini selama tugas. Bahkan, pendulum kini berayun begitu jauh sehingga banyak orang yang meremehkan tradisional, pengujian laboratorium berbasis.