"Charging Menggunakan Detak Jantung"


Pernahkah anda merasa kesal atau marah saat daya baterai gadget atau sejenisnya melemah disaat gadget anda sedang digunakan? Apalagi saat tersebut anda tidak menemukan colokan listrik yang bisa anda gunakan? Mungkin kebanyakan orang akan menggunakan sejenis “Charger Portable” atau yang kita kenal dengan sebutan Power Bank. Tapi tahu kah anda kalau power bank bisa merusak baterai gadget anda? Ya, ketidak pahaman orang akan aliran daya dan arus listrik membuat orang tersebut akan menggunakan power bank tersebut secara asal. Padahal apabila terdapat perbedaan spesifikasi arus antara power bank dengan baterai gadget kita, bisa menyebabkan baterai rusak, cepat panas, atau bahkan menggembung. Mungkin hal inilah yang membuat para ilmuwan berusaha mencari alternatif terbaik, dan akhirnya para ilmuwan yang tergabung dari negara Amerika dan Cina mencoba merancang sebuah perangkat canggih yang mampu mengubah gaya kinetik tubuh menjadi listrik.

Lupakan charger atau power bank, karena hanya dengan denyut jantung, Anda bisa mengisi ulang baterai handphone, dilansir Newsmaxhealth.com. Hal ini diungkapkan para peneliti di Amerika Serikat dan China. Mereka berhasil menggunakan baterai implan yang digunakan sebagai alat pacu jantung.


            Penemuan ini bisa membuat handphone masa depan hanya memerlukan denyut jantung anda sebagai pengisi baterai. Beberapa gadget kecil juga bisa diisi ulang dengan metode ini. Percobaan ini dilakukan pada sapi. Alat kecil yang berupa stimulator saraf dapat menghasilkan tenaga listrik baterai yang cukup untuk gadget ukuran kecil.


           
 Jika penemuan ini memang mudah digunakan dan bisa dikembangkan, maka pengguna handphone tidak akan repot mencari power bank atau colokan listrik. Semoga saja penemuan ini terus dikembangkan dan bisa dipakai di masa depan.